kuliner makanan ledok dari nusa penida bali

Nusa penida ialah pulau yang terletak disamping selatan pulau Bali. Kecamatan Nusa Penida masuk dalam lokasi kabupaten Klungkung. Pulau ini adalah salah satunya daerah eksotik di Bali, mempunyai kuliner Nusa Penida yang spesial yakni ledok. Ledok adalah makanan tradisionil, Ledok ini semacam bubur yang terbuat dari jagung serta umbi ketela pohon. Dengan ditambah sayur seperti kacang panjang, kacang merah lalu di isi beberapa jenis olahan ikan serta rumput laut Bubur ini sendiri mempunyai 2 type bumbu, yakni bumbu luar serta bumbu dalam. Bumbu dalam ialah bumbu yang dicampurkan dalam tingkatan membuatnya. Berbahan ialah terasi, garam, bawang putih serta cabe. Sedang untuk bumbu luar menggunkan bumbu pecel atau kacang. Waktu diberikan, bubur ini umumnya dikasih penambahan ikan teri goreng, sayur mayur serta abon ikan laut. tentu rasa-rasanya enak sekali. Diluar itu bubur ledok ikut sering diberikan memakai daun pisang yang sering diketahui dengan panggilan tekor. Di Nusa Penida akan tidak kita jumpai tanaman padi perihal ini karena keadaan tanah yang tidak memberi dukungan pertanian padi.
Oleh karenanya, penduduk lalu meningkatkan jagung serta ketela pohon menjadi bahan makanan intinya. Kenapa makanan ciri khas pulau ini dimaksud dengan Ledok, jadi jawaban dari masyarakat ditempat yakni sebab Ledok ini dibikin serta dalam perebusannya tetap dikerjakan lewat cara pengadukan. Dalam bahasa setempat pengadukan ialah Ngeledokin, jadi nampaklah nama Ledok pada makanan itu. Tidak hanya diketahui menjadi makanan ciri khas Nusa Penida, bubur ini telah semenjak jaman dulu memang dikenal juga sebegai salah satunya makanan untuk obat diabetes. Dari sebagian orang yang teratur mengonsumsi bubur ini pada akhirnya alami pergantian kesehatan yang lebih baik dari mulanya. Dari sumber literatur yang ada, ketela pohon atau umbi singkong memang memiliki kandungan beberapa jenis zat yang berguna serta mempunyai konsumsi gizi yang cukuplah tinggi. berbentuk kalori , protein, kalsium, amilum, vitamin B serta C dan fosfor. Buat semua penduduk sekitar sini sendiri, jagung serta ketela pohon ialah sumber pangan penting mereka

Ada lagi kuliner Nusa Penida yang unik serta tradisionil, anda bisa berkunjung ke rumah makan di Warung Buk Nyoman Widari di Desa Batununggul, Mentigi, Sampalan, umumnya penjual Ledok ada juga di Pasar Senggol Nusa Penida, serta di warung-warung kecil dekat jalan. Diluar itu, bubur ini umumnya banyak di jual dengan memakai gerobak dorong serta sering tampak di pinggir berjalan-jalan di nusa penida. Untuk harga nya, bubur ini dihargai 3000 ribu-5000 ribu untuk satu bagian (bungkus)

Makanan Tradisionil bukan kampungan. Jika kita dapat memproses dengan beberapa macam, saya meyakini Ledok dari Nusa Penida dapat jadi makanan favorit di Indonesia. Buat beberapa pengagum makanan yang unik serta tradisionil silahkan mencobanya serta datangi daerah Nusa Penida.

Tidak hanya Ledok, banyak juga kuliner Nusa Penida  yang dapat anda coba disana. Ledok memberi satu cerita yang inspiratif. Tentang pemberdayaan makanan asli yang dapat jadi pilihan buat penduduk yang inginkan hidup sehat.

Similar Posts