kuliner sate lilit nusa penida bali wisata hotel dan tour

Sebelumnya sempat ada keraguan untuk liburan di pulau Nusa Penida Bali, Karen ada yang di khawatirkan kemudahan di dalam mencari makanan atau jajanan di sekitar sana. Tapi semua keraguan itu hilang di karenan temaan saya yang juga seorang manager di hotel Arsha Shanti menjelaskan bahwa kuliner di pulau penida tidak kalah dengan tempat lain dan juga banyak ragamnya. Selain banyak rumah makan atau café untuk menikmati suasana liburan, juga banyak makanan atau kulineran jalanan atau rumahan yang memanag ciri khas dari masyarakat setempat. Akhirnya Kami dengan pasangan lain berangkat untuk berlibur ke pulau Nusa Penida Bali dengan memesan penginapan terlebih dahulu dari sini, jadi saat tiba di sana Kami sudah tinggal masuk atai cek in untuk istirahat.

Jadi memang benar bahwa kuliner di Nusa Penida memang banyak dan memiliki ciri khas juga seperti daerah lainnya, disini ada beberapa kuliner yang memang dari rumahan atau jajanan , jadi yang saya bahas ini buka makanan café atau resto. Diantaranya ada yang namanya Ledok, Sate lilit dan tipat Cantok. Berikut sedikit penjelasan mengenai kuliner ini.

1. Ledok
Ledok adalah makanan ciri khas Nusa Penida yang banyak dikenal wisatawan, Ledok ini hampir sama juga dengan bubur. Ledok ini di proses dengan memakai beberapa bahan baku penting seperti jagung serta umbi ketela pohon, yang di imbuhkan dengan beberapa bahan yang lain seperti kacang panjang, kacang merah, komak serta kemangi. Ledok berlainan dengan bubur umumnya yang memakai beras sedang ledok memakai bahan penting jagung serta umbi. Ledok ini di proses dengan proses perebusan tetap dikerjakan dengan pengadukan dengan teratur.

2. Sate lilit
Sate Lilit Be Awan, makanan ciri khas Nusa Penida ini tentunya banyak anda dapatkan di Bali persisnya di Klungkung Bali. Sate Lilit ini terbuat dari olahan ikan laut yang di tumbuk serta di campur dengan bumbu komplet ciri khas pulau Nusa Penida. Olahan sate yang telah di lilit dipangang di atas bara api sampai masak. Cita perasaan Sate Lilit Be Awan ini tak perlu di ragukan kembali ditanggung anda ingin mencicipinya kembali.

3. Tipat Cantok.
Jadi Tipat Cantok ini adalah semacam makanan yang ada di Jakarta yaitu ketoprak atau ketupat tahu kalo di daerah VBandung, karena isinya berupa campuran ketupat, kecambah pendek, kacang panjang, soun, dan sayuran lainnya yang diaduk dengan sambel kacang. Selain itu jugadi sajikan beberapa makanan laut seperti ada ikan goring dan lainnya layaknya sebuah warung. Yang membuat saya kaget adalah harganya karena harganya itu bias di bilang murah sekali, dengan harga antara 5000 – 10.000 kita sudah dapat makan yang sebelumnya kita berpikir bahawa makan di Nusa Penida itu adalah hal yang sulit, ternyata tidak seperti yang di bayangkan, kuliner di pulau Nusa Penida bias di bilang sangat menyenangkan.

Similar Posts